family · money

.Our Financial Journey #1.

Ngga pernah kebayang kalo saya akan posting hal yang serius kayak gini hahaha

Udah beberapa tahun ini banyak banget orang yang ngomongin financial planning dan ada karir baru jadi financial planner. Dulu saya pikir financial planner itu ‘hanya’ ngurusin investasi orang aja. Tapi ternyata lingkupnya lebih luas dari itu. Dan sebenarnya juga saya udah mikir mau manage keuangan saya yang ngga seberapa pakai prinsip-prinsip yang diajarin sama financial planner. Apa daya.. karena masih single dan duit cuma abis buat diri sendiri akhirnya ya ngga dimulai-mulai. Saya cuma atur pembagian di 2 rekening yaitu  1 untuk operasional (jajan-jajan cantik, transportasi, dsb dst) dan 1 lagi untuk tabungan. Dan saya juga masih pake prinsip cincailah ambil sedikit-sedikit dari tabungan buat nutupin kekurangan dari si rekening operasional hahaha pantesan aja ya saldo tabungannya segitu-segitu aja tetap miris lihat angkanya :lOl:

Setelah nikah ya masih sih tetap urus duit masing-masing. Selain karena perubahan status saya dari kantoran jadi ibu rumah tangga lalu juga sistemnya saya dapet CC dan uang belanja dari suami. Jadi ya udah ngga mikirin lagi deh financial planning ini. Semua diserahkan ke suami untuk pengaturan keuangan keluarga. Selain karena saya percaya sama suami (uhukkk..) tapi juga ya karena income saya toh dari suami juga jadi tugas saya cuma manage duit belanja saya aja.

Apalagi kami juga tadinya tinggal di rumah mertua, otomatis ya memang hanya manage untuk keperluan pribadi kami berdua. Ngga perlu mikirin biaya air, listrik, makanan, dan lain-lainnya. Jadi manja deh dan makin berantakan manage keuangan keluarga.

Karena satu dan lain hal dan juga akhirnya kami coba untuk hidup mandiri keluar dari Pondok Mertua Indah jadi saya baru mulai lagi ngulik-ngulik tentang financial planning lagi. Awalnya kami masih berpikir untuk urus keuangan masing-masing secara saya juga udah mulai kerja lagi. Tapi ternyata setelah dijalani sistem seperti itu kok saya ngga puas karena jujur aja cara kami berdua manage keuangan itu beda pake banget. Suami ‘hanya’ melihat dari angka besarannya saja sedangkan saya ngotot minta detail sampai titik koma. Jadi misalnya suami kalo kasih gambaran ke saya, “yah, 4 jutaan lah kira-kira.” Nah saya ngga bisa terima tuh, saya maunya detail 4 juta sekian sekian sekian sampe ke koma terakhir dan ada secara tertulis penghitungannya di excel misalnya. Duileehhh.. ribet banget ya saya hahaha

Selain perbedaan cara manage keuangan, masalah yang besar juga adalah Andri ngga terbiasa untuk ngasih orang lain manage duitnya bahkan ke istrinya sendiri. Jadi yah struggling juga untuk dia kasih saya wewenang untuk atur keuangan keluarga.

Setelah berdebat berhari-hari.. I kid you not. Literally debat berhari-hari untuk masalah manage keuangan ini. Akhirnya kami memutuskan untuk coba cara baru yaitu keadaan dibalik. Income kami berdua dijadikan satu di saya dan kami hanya memegang jatah bulanan masing-masing. Untuk pengeluaran-pengeluaran rumah tangga juga akan saya yang mengatur.

Wish us luck ya! Nanti akan saya update cara dan hasilnya di post berikutnya 🙂

Leave a comment